Memasyarakatkan Penanaman Pohon Serta Pemeliharaannya

Adanya pola kehidupan dalam lingkup globalisasi ini menuntut masyarakat dunia agar lebih pintar menuai profit materi guna menjalankan kehidupannya dalam dunia yang terglobalisasi ini. Dampaknya masyarakat berlomba-lomba untuk mengambil setiap manfaat dari bumi ini yang hal itu sampai melampaui batas serta melupakan hal-hal berkaitan dengan upaya menjaganya agar bumi ini tetap stabil. Hal ini terbukti dengan adanya fakta nyata banyaknya lahan-lahan hijau yang berkurang dikarenakan penebangan pohon tanpa menggantinya dengan bibit-bibit pohon baru, serta masih banyak lagi kepiluan bumi ini akibat pengekplorasian yang tak bertanggung jawab.
Ekplorasi secara berlebihan yang bertanggung jawab terhadap kestabilan bumi yang diekplorasinya ini telah menimbulkan berbagai dampak nyata seperti banjir, longsor, pemanasan global yang hal itu tentu mengancam pada kehidupan kita sebagai penghuninya. Atas dasar itulah  maka kita sebagai generasi muda haruslah memulai upaya-upaya dalam menstabilkan kembali bumi ini. Guna mengembalikan lagi kejayaan bumi ini agar tetap stabil dan nyaman bagi penghuninya, maka menurut saya harus diadakan kegiatan :

                            “Memasyarakatkan Penanaman Pohon Serta Pemeliharaannya”

Kegiatan ini menitik fokuskan pada mengembalikan kembali kehijauan bumi melalui pohon yang mana pohon itu sangatlah banyak manfaatnya dalam menstabilkan bumi tercinta ini serta kehidupan yang ada didalamnya. Kegiatan ini haruslah dilakukan secara konsisten berkelanjutan dimana pola penekanannya disini diupayakan melalui aktor-aktor yang sangat dekat dengan masyarakat dalam mengatur jalannya kegiatan ini. Aktor yang dimaksudkan itu misalnya : ketua RT dan RW, tokoh masyarakat, ketua suku yang mana aktor-aktor tersebut sangatlah efektif dalam menggerakkan masyarakat dalam melakukan kegiatan ini.
Dengan melalui aktor tersebut maka pemerintah memberikan kewenangan dalam mengorganisirnya. Kewenangan ini haruslah dibentuk sebagai kegiatan rutin yang mengikat masyarakat guna menjaga agar kegiatan ini dapat berjalan secara terus-menerus. Adapun program-program dalam kegiatan ini adalah

1.      Memasyarakatkan Penanaman  Pohon, program-programnya yaitu:

a.       Mengharuskan di setiap rumah rimbun dengan pohon sebanyak-banyaknya.
b.      Setiap akhir bulan menyelenggarakan acara penanaman pohon baik di pekarangan rumah, di kebun, dan dimana saja yang dirasa suatu area itu minim lahan hijau oleh banyaknya pohon (tempat bisa berpindah kondisional sesuai minimnya pohon di area tersebut).

2.      Pemeliharaan Pohon, program-programnya yaitu:

a.  Setiap hari minggu, masyarakat digerakkan untuk bersama-sama membersihkan lingkungan serta merawat dan menyiram pohon-pohon yang telah ditanam tadi secara bersama-sama di sekitar rumah masing-masing.
b.      Masyarakat dikenakan iuran bulanan guna membeli pupuk bagi pohon tersebut.
c.       Masyarakat pada pekan akhir bulan diberikan pupuk dari hasil iuran tadi untuk kemudian secara bersama-sama memupuk pohon-pohon tersebut.


Demikian program dalam kegiatan “Memasyarakatkan Penanaman Pohon Serta Pemeliharaannya”, diharapkan para aktor yang diberi kewenangan dalam mengorganisir serta masyarakat secara umum dalam lingkungan tersebut dapat melakukannya secara konsisten berkelanjutan sehingga dapat tercipta kestabilan dalam bumi ini.

Penulis : Gunturism ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Memasyarakatkan Penanaman Pohon Serta Pemeliharaannya ini dipublish oleh Gunturism pada hari . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Memasyarakatkan Penanaman Pohon Serta Pemeliharaannya
 

0 comments: